Bus Wisata Rombongan Wisatawan SMA asal Malang yang Terlibat Kecelakaan Maut di Tol Jombang Layak Jalan: Okezone News

Uncategorized55 Dilihat

JOMBANG – Bus pariwisata yang mengalami kecelakaan di Tol Jombang yang membawa rombongan study tour SMA PGRI 1 Wonosari Malang dipastikan laik jalan. Hal ini terjadi setelah tim ahli Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memeriksa kondisi fisik bus dan beberapa persyaratan lainnya.

Pasca kecelakaan fatal rombongan belajar pada Selasa malam (21/05/2024), total ada tiga orang dalam satu tim yang dikerahkan Kementerian Perhubungan. Pengecekan dilakukan mulai dari fungsi rem, bodywork, perolehan informasi dari pengemudi, hingga persyaratan manajemen bus.

Koordinator Unit Pelayanan UPPKB Trowulan, Imam Nawaji mengatakan, pemeriksaan menyeluruh dilakukan terhadap bus Bimario bernomor polisi W 7422 UP di kantor Satuan Transportasi Polres Jombang. Tim juga memeriksa pengemudi bus fatal tersebut.

“Kami minta keterangan ke sopir bus. Pernyataannya memang human error. Sebelum bus berangkat, semuanya diperiksa. (Sopir bus) mengaku mengantuk,” kata Imam Nawaji saat ditemui wartawan, Kamis. 23/5/2024).

Imam menjelaskan, sopir bus wisata Bimario itu mengemudi sendiri tanpa sopir cadangan. Namun, pengemudi selalu istirahat setiap kali rombongan singgah di suatu objek wisata. Terakhir di rest stop KM 627A, Saradan Madiun, sekitar 67 km sebelum lokasi kecelakaan.

“Istirahatnya di setiap tempat rekreasi. Akhirnya di Madiun sempat tidur. Sebelum kecelakaan sempat ngantuk, mau istirahat, tapi terjebak karena mau keluar tol,” ujarnya.

Saat melaju dengan kecepatan tinggi, berdasarkan hasil pantauan GPS perusahaan di dalam bus, bus tersebut melaju dengan kecepatan hingga 108 kilometer per jam. Dalam kecepatan tinggi tersebut, sopir bus mengalami microsleep hingga banting setir dan menabrak truk di depannya.

“Kalau kendaraan sudah diperbaiki total, KPS aktif, uji KIR juga berlaku, ban juga memenuhi syarat semua. Ini murni faktor manusia,” ujarnya.

Baca Juga  Jadwal dan Waktu Sholat Imsak Bulan November 2023 ini Jakarta dan sekitarnya




Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan maut yang melibatkan bus wisata Bimario yang membawa rombongan belajar SMA PGRI 1 Wonosari, Malang, terjadi pada Selasa malam (21/05/2024) di KM 695+400 Tol Jombang – Mojokerto. ). Bus dengan penumpang 51 orang tersebut terdiri dari 30 siswa, 9 guru, 5 pekerja magang, 5 keluarga siswa dan guru, hal.

dan satu orang, sopir bus dan kondektur, menabrak bagian belakang truk bermuatan keramik yang dikemudikan Arif Yulianto, 37, warga Jalan Ahmad Yani, Lawang.

Sontak bus tersebut rusak berat di bagian kiri hingga menyebabkan dua orang meninggal dunia, yakni seorang penumpang bus sekaligus guru SMA PGRI Wonosari, Edy Kresna Handak, warga Perumahan Kepanjen Permai I, Desa Talangagung, Kepanjen, Kabupaten Malang, dan asisten Edy Sulistyono, warga Kabupaten Kanigoro.

Ikuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *