Bolehkah pasien TBC minum multivitamin? Ini penjelasannya: kesehatan Okezone

Uncategorized82 Dilihat

TBC (TBC) merupakan penyakit yang banyak dialami masyarakat Indonesia. Menurut data terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berdasarkan Global Tuberculosis Report 2022, Indonesia merupakan negara kedua di dunia dengan jumlah penderita TBC terbanyak.

TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberkulosis pada paru-paru. Kondisi ini terkadang disebut dengan TBC paru. Bakteri tuberkulosis yang menyerang paru-paru menyebabkan gangguan pernafasan seperti batuk kronis dan sesak nafas.

Selain itu, TBC juga merupakan penyakit menular yang menular melalui air liur saat berbicara, batuk, atau bersin. Penularan penyakit ini sering terjadi dengan berkurangnya imunitas. Agar penderita TBC bisa sembuh, ia harus meminum obatnya secara rutin setiap hari tanpa henti selama minimal enam bulan.

Lantas apakah pengobatan TBC bisa dibarengi dengan penggunaan multivitamin?

Spesialis dalam, Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K) mengatakan baik-baik saja dan tidak ada kendala.

Yang penting obat TBC tetap dikonsumsi dan diminum rutin sampai habis, kata dr Erlina seperti dikutip X @erlinaburhan, Kamis (1/2/2024).

Dr Erlina menjelaskan, semua jenis vitamin itu baik, mulai dari vitamin A, B, C, atau D.


Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

“Terkadang herbal tertentu juga diberikan untuk meningkatkan fungsi hati. “Itulah yang terjadi jika fungsi hati terganggu,” ujarnya.

Dokter yang bekerja di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan ini menambahkan, obat herbal yang diberikan kepada pasien TBC biasanya kunyit.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Jorge Martin mendekat, Francesco Bagnaia ingin meningkatkan performanya di main event MotoGP Jepang 2023: Okezone Sports

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *