BNPP melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap pelintas batas di perlintasan batas negara: Okezone News

Uncategorized48 Dilihat

JAKARTA – Stasiun Perbatasan Negara (PLBN) adalah tempat yang diperuntukkan sebagai pintu keluar masuk wilayah Negara Republik Indonesia dan negara tetangga. Selain yang telah diketahui sebelumnya

Layaknya bandara internasional dalam konteks pintu udara dan pelabuhan internasional dalam konteks pintu laut, PLBN kini identik dengan gerbang negara yang terletak di perbatasan darat.




Ibarat pintu, aktivitas yang melewatinya ditandai dengan pergerakan orang, barang, dan kendaraan. Bahkan, pengamatan di pintu gerbang mengenai perjalanan warga sangat beragam, ada masyarakat yang rutin melintas setiap hari, setiap bulan, dan ada juga warga yang hanya melintas satu kali dalam setahun.

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sebagai lembaga yang mempunyai peran dan tanggung jawab pengelolaan PLBN harus mengkaji dan mengukur sejauh mana para pemangku kepentingan dalam hal ini penerima layanan yaitu masyarakat yang melintasi PLBN merasakan dan mempersepsikan layanan tersebut. disediakan oleh PLBN.

Salah satu alat yang digunakan untuk mengukur pengalaman dan persepsi masyarakat yang melintas adalah survei sosial, yang kemudian dikenal sebagai survei kepuasan masyarakat.

Survei Kepuasan Masyarakat merupakan kegiatan pengumpulan data dan informasi tingkat kepuasan lintas batas terkait variabel dan indikator yang diarahkan melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman. untuk penyusunan survei kepuasan masyarakat pada departemen penyelenggara pelayanan publik. Survei berlangsung pada bulan Agustus hingga Oktober 2023.

Lokasi survei adalah masyarakat penerima pelayanan publik di Stasiun Perbatasan Nasional termasuk PLBN Aruk di Kabupaten Sambas; PLBN Entikong di Kabupaten Sanggau; PLBN Badau di Kabupaten Kapuas Hulu; PLBN Motaain di Kabupaten Belu, PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka, PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara, PLBN Sota di Kabupaten Merauke dan PLBN Skouw di Kota Jayapura.

Baca Juga  Cetak Sejarah di Piala Dunia U17 2023, Bintang Timnas U17 Indonesia Arkhan Kaka Dedikasikan Golnya untuk Ibunya: Okezone Bola

Jumlah responden survei kepuasan masyarakat PLBN sebanyak 509 orang yang terbagi dalam delapan PLBN. Berdasarkan jumlah responden diketahui responden laki-laki sebanyak 339 orang (66,66 persen) dan perempuan sebanyak 170 orang (33,4 persen).

Berdasarkan tingkat pendidikan terakhir responden diketahui mayoritas berpendidikan SMA sebesar 54,22 persen, disusul Matura/S1 sebesar 29,27 persen, kemudian SMA sebesar 7,66 persen, disusul SD sebesar 5,7 persen, Magister/ S3 menjadi 3,14 persen.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ars)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *