BI Optimistis Perekonomian Indonesia Capai 5,5% di 2024, Ini Alasannya: Okezone Economy

Uncategorized165 Dilihat

JAKARTA ekonomi Indonesia diproyeksikan tumbuh pada kisaran 4,7-5,5% pada tahun 2024, bahkan ketika ketidakpastian yang bergejolak melanda dunia.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis perekonomian Indonesia akan tumbuh antara 4,7% hingga 5,5% pada tahun 2024.

BACA JUGA:

Ia meyakini perekonomian nasional mampu bertahan dari pandemi Covid-19 dan guncangan global dengan berpegang pada satu kunci, yakni sinergi.

“Karena permasalahan yang serius dan kompleks tidak bisa dihadapi sendirian, maka perlu kerjasama dan koordinasi, bersatu kita kuat dan terus berkembang, sinergi ilmu pengetahuan, karena itu perlu inovasi dan terobosan respon politik untuk mencapai hasil yang baik, sinergi pengalaman, karena gejolak global. agar lebih sering terulang, kata Perry pada Rapat Tahunan BI 2023 di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

BACA JUGA:

Dikatakannya, hal itu membutuhkan pengalaman dalam manajemen krisis dan sinergi dalam doa dan iman. Mengingat betapa kuatnya niat dan usaha, Perry mengatakan hanya kekuasaan Tuhan yang menentukan.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya


“Dengan sinergi ini, Insya Allah perekonomian Indonesia akan menunjukkan ketahanan dan pemulihan pada tahun 2024 dan 2025, pertumbuhan akan tinggi mencapai 4,7-5,5% pada tahun 2024 dan naik menjadi 4,8-5,6% pada tahun 2025, salah satu yang tertinggi di dunia, ” jelas Perry.

Ia mengatakan konsumsi dan investasi akan meningkat didukung kenaikan gaji ASN, belanja pemilu, infrastruktur IKN, dan hilirisasi ekspor.

Selain itu, inflasi terkendali sesuai target 2,5±1% pada tahun 2024 dan 2025 didukung oleh konsistensi kebijakan moneter dan fiskal serta kuatnya Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Baca Juga  Ulung Trenggana, Tokoh Muda NU dan Mantan Asred Okezone Meninggal: Okezone Megapolitan

Perry juga optimistis nilai tukar rupee pada tahun 2024 akan lebih stabil dengan leverage yang tinggi, fundamental yang baik, pertumbuhan yang tinggi, inflasi yang rendah dan hasil investasi yang menarik. Selain itu, stabilitas eksternal akan tetap terjaga dengan neraca perdagangan yang sehat dan cadangan devisa yang meningkat.

“Pertumbuhan kredit akan meningkat menjadi 10-12% pada tahun 2024, kemudian meningkat lagi menjadi 11-13% pada tahun 2025 dengan stabilitas. Sistem keuangan juga terjaga, hasil stress test menunjukkan ketahanan Indonesia terhadap guncangan global,” jelas Perry.

Hal ini juga didukung oleh pesatnya pertumbuhan sektor keuangan digital, tingginya pertumbuhan transaksi e-commerce, perbankan digital, dan uang elektronik.

“Apa yang telah kita capai memang patut kita syukuri, namun kita harus tetap waspada menatap ke depan. Dunia tidak akan membaik lagi di tahun 2024. Namun kita harus tetap optimis untuk maju, penuh percaya diri dengan semangat sinergi, menjaga bangsa. -Negara dan orang-orang baik di bidang ekonomi, politik, dan lainnya,” pungkas Perry.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *