Asal Usul Nama Pulau Jawa Menurut Versi Berbeda, Mana yang Benar? : Perjalanan Okezone

Uncategorized151 Dilihat

MENGAPA? Pulau Jawa dinamai menurut nama Jawa? Pertanyaan ini menarik untuk dibahas mengingat Pulau Jawa mempunyai peranan penting dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Hingga ada istilah yang mengatakan Java adalah “kuncinya”.

Hal ini tidak lepas dari pentingnya seluruh aspek kehidupan di pulau tersebut Jawa. Mulai dari pusat pemerintahan, pusat perekonomian dll.

Lebih dari 55 persen penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa hingga Kamis, 11 November 2023, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS).

Meski merupakan pusat negara, namun banyak orang yang belum mengetahui mengapa Pulau Jawa disebut Pulau Jawa. Lalu mengapa pulau yang tersebar di area seluas 128.297 kilometer persegi ini disebut Pulau Jawa?

Pulau Jawa (Foto: Loop Map)

Ada berbagai versi mengenai asal muasal pulau ini, mengapa disebut Pulau Jawa. Versi pertama menyebutkan bahwa asal usul nama Pulau Jawa berasal dari seorang India yang datang ke pulau ini. Disana dia menemukan banyak biji-bijian bernama Millet.

Saking banyaknya benih yang ada di negeri ini, lambat laun masyarakat menyebutnya Pulau Jawa. Selain itu, sebagian warga juga menyebutnya Tana Jawa atau Nusa Java.

Versi lain menyebutkan bahwa dalam cerita zaman dahulu, orang Jawa dikenal sebagai keturunan para dewa. Keindahan pulau ini pada masa lalu menyebabkan para dewa dan dewi turun dari kahyangan dan mendirikan berbagai kerajaan untuk menghuni pulau ini.

Konon juga nama Pulau Jawa berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Jawa Dwipa yang artinya Pulau Padi. Pulau ini juga disebut-sebut sebagai salah satu bagian terpenting bagi kelangsungan bumi.

Di dalam buku “Sejarah Jawa” Thomas Stamford Raffles menyatakan bahwa nama Yavadvipa atau Jawadwipa dimasukkan dalam berbagai cerita klasik India.

Baca Juga  5 Fakta: 3 Personel TNI Terlibat Kasus Pencurian, Uangnya Dicuri untuk Dikirim ke Timor Leste: Okezone News

Ikuti berita Okezone berita Google


Dijelaskan bahwa Java Dwipa merupakan kerajaan dewata pertama yang muncul di Pulau Jawa, tepatnya di kawasan Gunung Gede.

Kerajaan ini kemudian dipimpin oleh Dewawarman Dewo Erso sebagai raja pertama yang juga menjadi simbol dewa kahyangan.

Infografis Perjalanan Dunia Terbaik 2024

Versi ini paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun belum diketahui secara pasti bagaimana pulau Jawa mendapat nama Jawa.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *