Apakah Anda sering ingin buang air besar setelah makan? Ini penjelasannya: kesehatan Okezone

Uncategorized224 Dilihat

KEBIASAAN Beberapa orang sering mengalami sakit maag atau ingin buang air besar setelah makan. Tentu saja hal ini dianggap tidak wajar, dan feses yang dimuntahkan dianggap sebagai makanan yang baru saja dimakan orang tersebut.

Lantas apakah kondisi ini berbahaya?

Dokter umum dan pendidik kesehatan, Dr. Kevin Mak, menjelaskan kebiasaan seperti itu sering terjadi di masyarakat. Namun yang perlu Anda ketahui, kondisi ini tidak selalu berbahaya. Biasanya rasa mulas atau ingin buang air besar terjadi setelah seseorang kenyang. Kondisi ini terjadi kurang lebih 10-15 menit setelah makan.

“Saat makanan masuk ke mulut, butuh waktu beberapa jam hingga dua hari untuk dikeluarkan dalam bentuk feses, dan akhirnya saat makanan masuk ke usus, terjadilah apa yang disebut dengan refleks gastrokolik,” kata dr Kevin, dikutip dari lamannya. akun TikTok @drkevinmak, pada hari Rabu. (1 Oktober 2024).

Artinya, refleks yang ditimbulkan justru dilakukan secara otomatis oleh usus untuk melepaskan hormon dan sinyal ke otak agar usus dapat bekerja lebih efisien dan mengosongkan saluran pencernaan. Alhasil, makanan mudah masuk dan langsung dicerna.

Tak hanya itu, dr Kevin juga mengatakan, kondisi ini 100 persen normal, bahkan dibutuhkan tubuh agar usus bisa berfungsi dengan baik. Anda yang sering mengalami kondisi seperti itu tidak perlu khawatir. Sebab makanan yang dikeluarkan melalui buang air besar belum tentu merupakan makanan yang baru saja dimakan.

“Jadi saat kamu sedang makan dan kenyang lalu tiba-tiba ingin buang air besar, yang keluar dari dirimu sebenarnya bukanlah makanan yang baru saja kamu makan, melainkan sisa makanan yang sehari-hari ada di dalam ususmu. atau dua sebelumnya,” kata Dr. Kevin.

Baca Juga  Korea Utara diyakini memasok 1 juta peluru ke Rusia untuk perang melawan Ukraina: Okezone News

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

(Leo)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *