Apakah 14 BUMN yang sakit itu bisa disembuhkan? : Okezone Ekonomi

Uncategorized186 Dilihat

JAKARTA – PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) melakukan kajian komprehensif dengan tujuan merumuskan strategi penyelesaian krisis pada setiap BUMN yang dipercaya pengelolaannya.



Pasca restrukturisasi PPA, ada 21 BUMN yang dipercaya mengelolanya. 14 BUMN yang dipercaya pengelolaannya mulai menunjukkan kemajuan positif dan 7 BUMN lainnya tutup karena sudah tidak mempunyai nilai ekonomi dan tidak membawa manfaat bagi masyarakat.

Direktur Utama PPA Muhammad Teguh Wirahadikusumah menjelaskan langkah revitalisasi BUMN yang sedang terpuruk didasarkan pada kepentingan perusahaan, keunggulan kompetitif, persepsi pasar, dan kinerja keuangan.

Selanjutnya dilakukan tahap restrukturisasi dengan memperhatikan berbagai aspek hukum, sosial, komersial dan keuangan, dengan tetap mengedepankan prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Ia mengatakan, sejak mendapat izin khusus pada akhir tahun 2020, PPA telah mengembangkan kajian yang komprehensif. Kajian tersebut mencakup sumber daya manusia (SDM), organisasi, operasional, keuangan, hukum dan kebijakan.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Tujuan dari kajian tersebut adalah untuk memperoleh dan memperkuat model bisnis berkelanjutan pada setiap BUMN Titip Kelola.

PPA berhasil menyelesaikan revitalisasi Lokananta di Surakarta dan memperkuat peran Persero Batam sebagai operator terminal logistik terintegrasi. Selain itu, BUMN Galangan dan BUMN Manufaktur juga mengalami transformasi untuk mewujudkan platform Galangan nasional dan perusahaan manufaktur berkelanjutan.

PPA juga menjajaki potensi kemitraan strategis dengan investor untuk mengoptimalkan pengembangan dua BUMN Titip Kelola, yaitu Semen Kupang di kawasan timur Indonesia dan Primissima sebagai pendukung industri batik nasional.

Baca Juga  Mahkamah Agung berupaya menghapus pasal batasan usia calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada 2024: National Okezone

Di bidang teknologi informasi, PT INTI melakukan transformasi bisnis sebagai perusahaan teknologi dengan fokus sebagai integrator sistem, produksi dan digital.

Tak hanya itu, restrukturisasi Djakarta Lloyd dan VTP juga dilakukan untuk memperkuat perannya dalam ekosistem logistik BUMN. Djakarta Lloyd akan diperkuat sebagai penyedia jasa angkutan curah dengan diversifikasi pendapatan yang lebih luas.

Baca selengkapnya: Ini Keadaan 14 BUMN Sakit, Siapa yang Akan Ditutup?

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *