Apa manfaat Taper bagi pekerja swasta? : Okezone Ekonomi

Uncategorized63 Dilihat

JAKARTA – Keuntungan Lancip untuk pekerja swasta. Tabungan Masyarakat untuk Perumahan (Tapera) masih menjadi topik perbincangan masyarakat. Salah satu isu yang disorot adalah mengenai retribusi Taper bagi pegawai swasta yang wajib diberlakukan mulai tahun 2027.

Program Tapera sendiri banyak menjadi perdebatan karena berdampak pada penurunan upah pekerja di Indonesia, baik sipil maupun swasta, sebesar 3% setiap bulannya.

Okeozne mengutip manfaat tapering bagi pekerja swasta berikut ini, Jumat (31/5/2024).

Pada 20 Mei 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Dalam aturan Pasal 1 dijelaskan bahwa Tapera adalah titipan yang dilakukan peserta secara berkala dalam jangka waktu tertentu, yang hanya dapat digunakan untuk membiayai perumahan dan akan dikembalikan beserta hasil pemupukannya setelah selesai. dari partisipasi.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Tapera bisa menjadi salah satu solusi pemerintah terkait pembiayaan perumahan bagi pekerja. Taper juga dapat secara sederhana diringkas sebagai kontribusi yang dibayarkan oleh peserta untuk membiayai perumahan.

Manfaat Taper bagi pekerja swasta digunakan untuk mendanai perumahan bagi peserta guna menjamin tata kelola yang baik dalam penggunaan dana Taper. Bank atau perusahaan pembiayaan wajib melaporkan pelaksanaan penyaluran pembiayaan perumahan kepada BP Tapera dan bank penyimpan. Pelaporan ini dilaksanakan sesuai dengan ketentuan bentuk, isi dan waktu pelaporan yang diatur oleh BP Tapera.

BP Tapera memberikan peserta pembiayaan berbiaya rendah dan berjangka panjang untuk memenuhi kebutuhan perumahan yang layak dan terjangkau bekerja sama dengan bank pembina.

Baca Juga  Biografi dan Agama Tukul Arowan, Komedian Kini Berjuang Melawan Stroke: Selebriti Okezone

Pembiayaan perumahan bagi para peserta ini meliputi:

* Kepemilikan Rumah (KPR): (KPR Tapera dan KPR Tapera Syariah)

Karyawan dapat mengajukan pembiayaan untuk membeli rumah, khususnya rumah pertamanya. Syaratnya adalah menjadi peserta Taper minimal 1 tahun dan mengikuti prosedur terkait.

* Pembangunan Rumah (KBR): (KBR Tapera dan KPR Tapera Syariah)

Peserta Pekerja dapat mengajukan pembiayaan untuk pembangunan rumah pertama yang baru. Syaratnya adalah menjadi peserta Taper minimal 1 tahun dan mengikuti prosedur terkait.

* Renovasi Rumah (KRR): (KRR Tapera dan KPR Tapera Syariah)

Peserta Pekerja dapat mengajukan pembiayaan perbaikan rumah (renovasi). Syaratnya adalah menjadi peserta Taper minimal 1 tahun dan mengikuti prosedur yang berlaku.

Berikut manfaat taper bagi pekerja swasta, yang bisa dijadikan tambahan informasi bagi masyarakat yang belum mengetahui manfaat taper.

Ikuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *