Anti Polutan, Taman Ini Cocok Ditanam Depan Rumah: Okezone Economy

Uncategorized47 Dilihat


JAKARTA – Tinggal di perkotaan pasti mengalami atau bahkan sering terganggu dengan polusi udara. Zat berbahaya tersebut berasal dari asap kendaraan bermotor, gas buang limbah pabrik, hasil pembakaran, dan lain-lain.

Namun ternyata mereka ada tanaman yang terbukti mampu mencegah polusi udara. Apa saja tanamannya?

Berikut beberapa tanaman pelawan polusi yang dikutip dari Instagram Kementerian Pertanian, Minggu (23/6/2024).

1. Bahasa ibu mertua

Tanaman yang mirip dengan lidah buaya ini mampu menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen di malam hari. Lidah mertua juga menyerap polutan lain seperti CO2, benzena, formaldehida, xilena, trikloretilen, dan toluena yang merupakan polutan penyebab kanker.

2. Pohon palem bambu

Tanaman hias ini termasuk ke dalam Arecaceae atau pinang. Tanaman ini mampu menghilangkan polutan seperti benzena, karbon monoksida, xilena, formaldehida dan lain-lain.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya bisa membuat tidur lebih nyenyak jika diletakkan di dalam kamar. Selain menyerap karbon dioksida, sukulen pada lidah buaya juga mampu menyerap zat seperti formaldehida dan benzena.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Pohon Angsana

Pohon Angsana ini mempunyai kemampuan yang baik dalam menyerap karbon monoksida sehingga mengurangi polusi udara hampir 70% dan juga menghasilkan udara baru yang lebih bersih.

5. Tanaman laba-laba

Sebuah penelitian NASA menemukan bahwa tanaman laba-laba dapat membantu menghilangkan 95% bahan kimia dari udara dalam 24 jam. Tanaman laba-laba dapat menyaring racun berupa formaldehida, benzena, karbon monoksida, stirena, toluena, dan xilena yang dihasilkan dari asap pembakaran, knalpot kendaraan, dan asap tembakau atau rokok.

Baca Juga  Napoli terancam mengukir rekor buruk dan menjadi juara Liga Italia terburuk dalam hampir 60 tahun! : Okezone Dia

6. Bunga krisan

Selama masa pembungaannya, bunga krisan mampu membersihkan udara dari zat-zat polutan seperti amonia, benzena, xilena, dan formaldehida. Sayangnya tanaman ini tidak ramah terhadap anjing dan kucing

7. Sirih terbuat dari gading

Tanaman merambat ini juga dapat digunakan sebagai tanaman anti polutan untuk menangkal polusi udara yang berasal dari asap rokok atau pembakaran lainnya. Semakin besar tanaman sirih gading, semakin efektif kemampuannya dalam menyerap polusi.

Jam tangan Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *