7 rebusan daun untuk menurunkan asam urat, salah satunya sirih cina: Okezone health

Uncategorized178 Dilihat

SESAAT encok berulang kali, ia merasakan persendian tangan dan kakinya sakit. Ketika persendian terasa nyeri, maka sulit dan nyeri untuk digerakkan.

Oleh karena itu, ketika asam urat meningkat, kadarnya harus segera diturunkan. Berbagai macam rebusan daunnya bisa Anda konsumsi untuk mengobati asam urat, apa sajakah?

1. Daun seledri

Belakangan ini popularitas daun seledri sebagai tanaman obat kembali meningkat. Faktanya, daun seledri sudah lama sangat populer sebagai obat berbagai penyakit karena mengandung banyak komponen penting.

Pasalnya, seledri mengandung folat, potasium, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin K. Beberapa senyawa tersebut juga dipercaya ampuh mengobati asam urat.

BACA JUGA:

2. Daun salam

Tak hanya sering dijadikan bumbu dapur, daun salam juga memiliki manfaat sebagai obat herbal asam urat. Pasalnya daun salam mengandung senyawa flavonoid, tanin, alkaloid astiri yang mempunyai fungsi meningkatkan fungsi ginjal, memperlancar dan meningkatkan volume urin.

Oleh karena itu, daun salam memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah meredakan nyeri akibat peradangan.

3. Daun sirih cina

Daun ini juga dikenal sebagai salah satu jenis tanaman obat asam urat. Pasalnya daun sirih cina kaya akan oksalat, tanin, alkaloid, lemak dan minyak atsiri yang sangat bermanfaat dalam pengobatan berbagai penyakit. Bagian yang paling sering diolah karena diyakini paling bermanfaat untuk penyembuhan adalah daun dan batangnya.

Seperti tanaman herbal pada umumnya, daun sirih cina dapat dikonsumsi dengan cara diminum air rebusannya.

4. Daun sirsak

Daun sirsak memang diketahui memiliki sejuta manfaat, salah satunya sebagai obat alami penurun asam urat. Pasalnya daun ini mengandung senyawa yang mampu mengeluarkan racun dari dalam darah.

Cara konsumsinya juga praktis. Anda cukup merebus daun coklat kemerah-merahan dan meminumnya selagi hangat. Agar asam urat cepat hilang, cobalah minum rebusan daun buntut setiap hari.

Baca Juga  Dana pariwisata Indonesia dapat Rp 2 triliun, kata Sandiaga bukan dari pemblokiran anggaran: Okezone Economy

BACA JUGA:

5. Daun kumis kucing

Daun catnip merupakan ramuan alami yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit. Termasuk kemampuannya dalam menurunkan asam urat. Senyawa fenolik pada daun kumis kucing mampu menurunkan asam urat. Ambil 10 lembar daun kumis kucing, rebus dan minum secara rutin.

Ikuti berita Okezone berita Google


6. Daun kelor

Daun kelor mengandung flavonoid dan alkaloid yang bermanfaat mencegah pembentukan asam urat. Selain itu, daun kelor juga memiliki sifat antiradang atau pereda nyeri. Caranya, cukup rebus satu sendok makan bubuk daun kelor kering dengan 150-200 ml air hangat.

Aduk rata dan biarkan mendidih. Kemudian Anda minum air rebusan daun kelor satu atau dua kali sehari.

7. Kasih sayang

Daun lain yang dapat digunakan sebagai obat asam urat adalah daun sambiloto (Andrographis panikulata). Daun ini juga sangat populer di Indonesia dan sering dijadikan tanaman di sekitar rumah.

Seluruh bagian tanaman sambiloto sangat berkhasiat dalam pengobatan berbagai penyakit, salah satunya asam urat. Pasalnya sambiloto mengandung senyawa penting seperti flavonoid, alkana, kalium, natrium, dan kalsium.

Senyawa penting ini diketahui menjadi sumber utama pencegahan asam urat. Cara pengolahannya adalah dengan mengambil 10-15 lembar daun salam, direbus dan diminum air matangnya.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *