6 Fakta Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Masa Keberatan Telah Berakhir dan Tes SKD dan SKB Telah Berakhir: Economy Okezone

Uncategorized183 Dilihat

JAKARTA – Pengumuman hasil seleksi calon PNS (CPNS) dan PNS yang mempunyai perjanjian kerja (PPPK) Pendaftar 2023 akan mendapat akses mulai tanggal 15 Oktober hingga 18 Oktober 2023.

Notifikasi tersebut dapat dibuka melalui situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) di sscasn.bkn.go.id dengan memasukkan username dan password yang telah didaftarkan.

Peserta yang lolos pengumuman seleksi administrasi CPNS dan PPPK akan dialihkan ke seleksi tahap berikutnya. Bagi yang belum memenuhi persyaratan administrasi bisa mengajukan keberatan.

Setelah batas waktu pengajuan keberatan, pelamar akan melalui tahapan selanjutnya yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi profesi (SKB).

Berikut Okezone rangkum fakta Seleksi CPNS dan PPPK 2023 yang berakhir pada tes SKD dan SKB, Minggu (22/10/2023):

1. Cara mengajukan keberatan

Pelamar CPNS dan PPPK 2023 yang tidak memenuhi syarat pada tahap seleksi administrasi tidak perlu berkecil hati. Alasannya, pelamar bisa mengajukan keberatan. Caranya adalah sebagai berikut:

– Jika Anda menerima pesan yang belum Anda sampaikan, periksa alasan yang diberikan dalam sistem

– Klik pada opsi “Ajukan keberatan”.

– Sistem akan menampilkan formulir keberatan dengan informasi syarat yang tidak dipenuhi, dokumen yang telah diunggah, serta kolom untuk memasukkan alasan keberatan

– Periksa dokumen dengan memilih “Lihat”.

– Masukkan keberatan Anda

– Centang kotak disclaimer jika Anda bersedia menanggung akibat hukum jika catatan yang dibuat tidak sesuai dengan dokumen

– Klik ‘Akhiri Proses Kontes’

– Klik tombol “OK” ketika persyaratan registrasi sistem ditampilkan.

– Bila muncul pesan yang menanyakan apakah Anda yakin keberatan, klik tombol “YA”.

– Akan muncul kotak “Pengajuan keberatan berhasil”.

– jika keberatan diterima, tulisan “Selamat! Anda telah melewati tahap pengelolaan file’

Baca Juga  Apakah rekam jejak Shin Tae-yong yang kerap membantai Filipina di timnas senior Indonesia terus berlanjut? : Okezone Dia

– Kemudian cetak kartu digitalnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


2. Jadwal masa banding untuk masa pasca bantahan

Pelamar CPNS dan PPPK 2023 yang dinyatakan tidak lulus dapat mengajukan keberatan terhadap hasil seleksi administrasi. Masa sanggahan akan berlangsung pada tanggal 19-21 Oktober dan dilanjutkan dengan masa sanggahan pada tanggal 19-23 Oktober. Kemudian hasil setelah sanggahan akan diumumkan pada 22-28 Oktober.

3. Masing-masing instansi akan menanggapi batas waktu keberatan

Pemohon akan diberikan kesempatan sanggahan selama 3 (tiga) hari dan masing-masing lembaga verifikator akan memberikan tanggapan melalui portal.

Selain itu, masa keberatan bukan merupakan kesempatan untuk memperbaiki berkas atau data yang dimasukkan oleh pemohon secara tidak benar, melainkan untuk menegaskan kebenaran data yang dimasukkan.

4. Pelamar yang lulus administrasi akan menghadapi SKD dan SKB

Bagi mereka yang lolos administrasi CPNS dan PPPK tahun 2023, menanti tahapan selanjutnya yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi profesi (SKB). Jadwal pelaksanaan ŠKD pada tanggal 9 hingga 18 November. Untuk saat ini SKB akan diterapkan pada 16 hingga 22 Desember.

5. Jumlah pendaftar yang lulus Administrasi Kementerian Agama mencapai 81.607 orang

Kementerian Agama (Kemenag) menyebutkan 81.607 pelamar Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lolos tahapan administrasi.

Ada 4.125 formasi dalam seleksi calon ASN Kementerian Agama tahun 2023. Jumlah tersebut terdiri dari 68 formasi calon PNS dan 4.057 calon PPPK.

6. Contoh alasan penolakan lulus

Bagi Anda calon seleksi CPNS dan PPPK tahun 2023 yang dinyatakan gagal dan ingin mengajukan keberatan, Anda bisa menggunakan alasan keberatan berikut ini untuk mendapat persetujuan.

Baca Juga  Apakah Anda ingin mendapatkan vaksinasi demam berdarah? Ini syaratnya: Okezone News

– Mohon maaf atas kecerobohan saya, semoga pihak verifikator tetap menyetujui file ini karena file yang saya upload sudah didukung oleh file lain. Kesalahannya terletak pada poin ini. Saya sangat berharap itu diterima.

– Saya minta maaf atas kecerobohan saya. Saya harap validator tetap menyetujui file ini karena file yang saya unggah sudah didukung oleh file lain. Kesalahannya adalah data yang dipindai tidak jelas atau buram. Saya sangat berharap itu diterima.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *