6 Fakta Indonesia Menjadi Negara Pertama di ASEAN yang Meluncurkan Pembayaran Tol Tanpa Henti: Okezone Economy

Uncategorized84 Dilihat

JAKARTA – Indonesia menerapkan teknologi tol contactless MLFF (Multi Lane Free Flow) atau pembayaran tol terus menerus. Ini dianggap sebagai metode pembayaran terbaru untuk transaksi jalan tol di Indonesia yang berbasis pada Global Navigation Satellite System (GNSS).

Penerapan sistem ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi sistem pembayaran tol Indonesia. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta dukungan Badan Usaha Operator Tol (BUJT) untuk mensukseskan proses MLFF atau Contactless Tolling.

Dirangkum Sabtu (9/12/2023) Okezone, berikut sederet fakta tol tanpa henti dan RI disebut-sebut menjadi negara pertama yang menggunakan teknologi tersebut di ASEAN

1. Cara kerja MLFF atau tol nirsentuh

Ketika sistem ini diterapkan, ternyata akan ada kamera atau teknologi GNSS (Global Navigation Satellite System) yang akan menangkap kendaraan yang lewat menggunakan citra satelit. Jadi nantinya kamera atau teknologi akan mendeteksi jika pengemudi berhasil menyelesaikan transaksi dan gerbang tol akan terbuka secara otomatis.

2. Implementasi dan pengujian

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan penerapan teknologi tol contactless akan diuji dengan sistem transisi. Uji coba juga akan dilakukan di Tol Bali – Mandara pada Desember 2023.

Baca juga: Meningkatkan tingkat daur ulang, Coca-Cola bermitra dengan Grab untuk mendukung program Recycle Me

Ikuti berita Okezone berita Google


3. Indonesia menjadi pionir

PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan pionir dan negara pertama di Asia Tenggara atau ASEAN yang menerapkan teknologi Multi Lane Free Flow atau pembayaran tol berkelanjutan berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS).

“Indonesia merupakan pionir dan negara pertama di Asia Tenggara yang menerapkan teknologi MLFF berbasis GNSS,” kata Direktur Sistem Tol PT Roatex Indonesia Gyula Orosz, Rabu (12/06/2023).

Baca Juga  Demi Kelancaran Pemilu 2024, Partai Perindo Minta Perhatian Terhadap Kesehatan Petugas KPPS: Okezone News

4. Pendapat Gyula Orosz

Direktur Sistem Tol PT Roatex Indonesia Gyula Orosz juga berpendapat bahwa penerapan MLFF merupakan bagian dan langkah penting bagi Indonesia untuk memodernisasi jaringan transportasinya dengan teknologi tinggi yang andal dan memberikan standar bagi negara lain untuk mengubah sistem tolnya. Teknologi MLFF juga merevolusi perjalanan jalan tol menjadi lebih lancar dan efisien, membawa Indonesia memasuki era teknologi jalan tol 4.0.

5. Sanksi, aturan dan skema transaksi pada PP no. 15 Tahun 2005

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, revisi PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang jalan tol sudah ada di meja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Akan ada penjelasan khusus dalam PP tersebut yang mengatur sanksi bagi pelanggar, aturan teknis pelaksanaan, skema transaksi, dan lain-lain.

6. Penetapan tarif tol

Besaran tolnya sendiri akan dihitung melalui aplikasi mobile yang terhubung dengan sistem tol. Perhitungan ini dimulai saat kendaraan memasuki gerbang tol dan berakhir pada saat kendaraan melewati pintu keluar tol.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *