5 Tips Berhemat Saat Libur Natal dan Tahun Baru : Okezone Lifestyle

Uncategorized54 Dilihat

PERAYAAN selamat natal dan tahun baru (Nataran) Seringkali sebuah perayaan membuat seseorang mengeluarkan uang lebih banyak dari biasanya.

Tak mengherankan, banyak orang yang mengeluh berharap memiliki lebih banyak uang yang ditabung untuk mempersiapkan kebutuhannya awal tahun depan.

Bahkan, kemeriahan liburan Natal dan Tahun Baru tetap bisa Anda nikmati tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Perhatikan bahwa Anda tahu cara menghemat uang sesuai dengan kebutuhan Anda agar keuangan Anda tetap terkendali. Apa saja tipsnya? Dikutip dari Goodhousekeeping, Senin (25/12/2023) berikut tips berhemat saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

1. Membuat rencana anggaran: Membuat anggaran sangat membantu situasi keuangan Anda agar tidak semrawut karena Anda tahu terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan, Anda bisa membaca perkiraan biayanya sebelum membeli.

2. Pantau pengeluaran: Perlu memantau pengeluaran agar tidak merusak anggaran yang ada. Anda dapat melakukan ini menggunakan Notes, aplikasi ponsel, atau spreadsheet Excel di laptop Anda.

Baca juga: Makan enak dengan 7 rekomendasi restoran makan terbaik di Depok

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Tekankan biayanya: Jika Anda bertukar hadiah dalam keluarga atau mengatur hadiah untuk seseorang, ada baiknya untuk menekankan biayanya sejak awal. Idenya adalah ketika memutuskan hadiah apa yang akan dibeli, Anda memperkirakan terlebih dahulu biaya yang ada.

4. Jangan terburu-buru membeli barang Kebiasaan ini terkadang membuat banyak orang tidak sadar bahwa mereka membuang-buang uang lebih banyak. Mengapa? Sebab, barang yang dibeli pada saat itu mungkin sebenarnya tidak terlalu penting, atau bahkan mungkin dibeli pada waktu yang berbeda dari waktu yang sama dengan barang yang lebih penting.

Baca Juga  BI Pastikan Ketersediaan Rupee Cukup di Ramadhan dan Idul Fitri 2024: Okezone Economy

Oleh karena itu, selalu pertimbangkan terlebih dahulu sesuai kebutuhan dan fungsinya, agar uang yang dikeluarkan tidak terbuang percuma.

5. Carilah diskon: Cerdaslah dalam memilih diskon atau promosi suatu produk agar Anda tidak merasa ketinggalan saat membeli sesuatu. Musim liburan kali ini sering kali ada diskon besar-besaran!

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *