5 Sumber Daya Alam Somalia yang Dieksploitasi Asing: Laporan dari Okezone

Uncategorized70 Dilihat

SOMALIA Somalia adalah sebuah negara yang terletak di Afrikayang dikenal memiliki garis pantai terpanjang di antara negara-negara daratan Afrika.

Menurut Britannica, Somalia memiliki kondisi geografis yang ekstrim, dengan sebagian besar wilayahnya kering dan panas serta ditutupi sabana lebat dan semi-gurun.

Penduduknya telah mengembangkan strategi ekonomi yang mampu menjawab tantangan lingkungan yang mereka hadapi. Meski terdapat wilayah pesisir, pegunungan di utara, dan beberapa lembah sungai, namun sebagian besar lahannya datar dan tidak terhalang sehingga tidak membatasi pergerakan warga dan hewan ternak.

Sejauh ini, tiga perlima perekonomian Somalia bergantung pada pertanian. Namun, kegiatan ekonomi yang diprioritaskan adalah peternakan.

Pendapatan dari peternakan diketahui tinggi, melebihi produksi pertanian dari tanaman pangan, yang bisa tumbuh empat kali lipat dan menghasilkan sekitar tiga perlima devisa Somalia.

Tak hanya itu, Somalia masih banyak memiliki Sumber Daya Alam (NDR) yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Mengutip World Atlas, Somalia memiliki sumber daya alam seperti bijih besi, uranium, tembaga, timah, bauksit, gipsum, garam, dan gas alam.

Namun sebagian besar sumber daya yang ada masih belum dimanfaatkan dengan baik. Hal ini disebabkan buruknya infrastruktur dan terjadinya perang saudara. Alhasil, kekayaan tersebut dieksploitasi oleh beberapa pihak asing.




Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Lalu sumber daya alam apa saja yang dimanfaatkan pihak asing? Berikut 5 kekayaan alam Somalia yang dilansir berbagai sumber:

1. Sektor perikanan

Seperti diketahui, Somalia memiliki garis pantai terpanjang di antara negara-negara Afrika. Tentu saja hal ini menguntungkan bagi negara karena memiliki stok ikan yang melimpah, namun sayangnya 2,4 juta ton ikan ditangkap pihak asing dalam enam dekade terakhir.

Baca Juga  Ganjar peraih nomor urut 3 pada Pemilu 2024 itu menampilkan Salam Metal: Okezone Nasional

Menurut surat kabar The East African, sejak tahun 1990-an, sebagian besar ikan ditangkap oleh kapal asing, sehingga mengurangi pendapatan penangkapan ikan di Somalia. Akibatnya negara ini harus menderita kerugian hingga jutaan dolar setiap tahunnya.

2. Minyak

Somalia memiliki cadangan minyak yang signifikan. Meski belum diolah dan diteliti di pasar dalam negeri, perusahaan asing telah diberikan izin untuk mencari sumber daya tersebut. Salah satu perusahaan asing tersebut adalah China Petroleum Company.

Diketahui bahwa karena ketidakstabilan politik dan transisi ke sistem federal, negara tersebut tidak memiliki jaminan kepemilikan dan hak atas minyak.

Berdasarkan Undang-Undang Perminyakan Somalia tahun 2008, perjanjian minyak yang ditandatangani setelah tahun 1991 dengan entitas yang mengaku sebagai pemerintah Somalia, baik di seluruh atau sebagian wilayah, dianggap tidak sah.

Tentu saja, pernyataan ini menyiratkan bahwa entitas ini tidak diakui sebagai pemerintah yang sah, juga tidak berwenang mewakili Somalia dalam perjanjian internasional.

3. Gas alam

Seperti minyak, sumber daya gas ditemukan di lepas pantai Somalia. Sangat menarik bagi perusahaan asing untuk mendapatkan akses terhadap sumber daya ini.

Meski demikian, sulit untuk mengekstraksi gas dengan baik. Hal ini juga disebabkan oleh konflik dan ketidakstabilan politik di Somalia.

4. Mineral

Meski belum dieksplorasi secara komprehensif, Somalia memiliki sumber daya mineral yang signifikan.

Cadangan mineral tersebut sebagian besar meliputi bauksit, tembaga, bijih besi, timah, gipsum, dan garam. Salah satu yang dieksploitasi adalah uranium, dikutip dari Azo Mining.

Akibat pemanfaatan sumber daya yang tidak teratur, terjadilah penyalahgunaan sumber daya alam oleh beberapa pihak.

5. Tumbuhan laut

Seperti halnya sektor perikanan, ekosistem pesisir Somalia juga dirusak oleh kapal asing yang melakukan penangkapan ikan secara berlebihan.

Baca Juga  Kisah Betrand Pete Usai Video Kedekatannya dengan Sarwendah Kembali Viral: Okezone Celebrity

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *