5 Penyebab Utama AC di Rumah Tidak Dingin : Okezone Lifestyle

Uncategorized46 Dilihat

Ada yang berbeda penyebab AC tidak dingin. Suhu AC yang kurang rendah pastinya akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi Anda dan orang-orang di rumah Anda.

AC terjadi solusinya sejak lama untuk mendinginkan ruangan. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang beriklim tropis sehingga orang mudah berkeringat saat beraktivitas.

Oleh karena itu, ketika AC bermasalah seperti tidak dingin tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman atau bahkan menghambat aktivitas kita. Oleh karena itu, pada artikel berikut ini kita akan mengetahui alasannya.

Penyebab AC Tidak dingin

1. Tekanan freon di AC rendah

Freon berguna sebagai bahan pendingin seperti AC dan kulkas. Oleh karena itu, freon yang kurang atau kurang bisa menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin.

Padahal, freon hanya perlu diisi ulang setiap 4-5 tahun sekali. Namun jika AC Anda perlu lebih sering diisi freon, kemungkinan ada penyebab lain seperti saluran freon yang bengkok/putus sehingga freon bocor.

2. Filter AC kotor

Salah satu penyebab utama AC tidak dingin adalah filter yang kotor atau tersumbat. Filter berfungsi untuk menangkap debu dan kotoran dari udara sebelum disebarkan ke dalam ruangan. Jika filter kotor, aliran udara akan terhambat, sehingga mengurangi efisiensi pendinginan.

3. Masalah kelistrikan

Sistem kelistrikan yang rusak juga dapat menyebabkan korsleting dan sangat berbahaya untuk digunakan. Oleh karena itu, pastikan seluruh instalasi komponen AC terpasang dengan baik untuk menghindari bahaya korsleting listrik.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  PDIP Pastikan Jateng Kandang Banteng Menangkan Ganjar-Mahfud: Okezone News


4. Pengaturan remote control AC salah

Untuk mendapatkan udara sejuk dan sejuk, setting kendali jarak jauh AC dapat diarahkan ke mode keren atau bintang. Hindari mode kering karena hanya akan menyebabkan kipas sepeda motor saja yang menyala. Sehingga unit outdoor tidak dapat mengeluarkan arus listrik dan melindunginya dari hawa dingin.

5. Kapasitas AC yang tidak sesuai dengan luas ruangan

Kapasitas Pendinginan AC Tentu saja ada perbedaan tiap ruangannya. Jika kinerja pendinginan tidak disesuaikan dengan luas ruangan atau ruangan, hal ini dapat mengakibatkan AC tidak mendingin meskipun sudah dicuci atau dirawat.

Misal, jika Anda mempunyai ruangan dengan dimensi 3×3 m2, disarankan menggunakan AC dengan daya setengah PK. Sedangkan jika ukuran ruangan sekitar 6×6 m2 disarankan menggunakan AC 2 HP.

Itulah beberapa penyebab AC tidak dingin. Yang terbaik adalah memeriksanya hanya oleh teknisi yang berkualifikasi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Jika sudah diservis namun masih belum ada perubahan, Anda bisa menggantinya dengan unit baru.

Anda tidak perlu khawatir menguras kantong karena Anda membeli AC di Mal Aladdin Anda bisa mendapatkan harga super hemat sekaligus transportasi gratis tak terbatas! Unduh aplikasinya di Google Play A Toko aplikasi berbelanja sekarang!

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *