5 Negara Tertua di Dunia, Nomor 1 Punya Sejarah Manis di Sepak Bola Afrika: Okezone Bola

Uncategorized73 Dilihat

ADA 5 negara tertua di dunia ini menarik untuk diketahui, terutama prestasinya di tim nasional sepak bola (Timnas). Sebab, umur suatu negara yang panjang akan mempengaruhi prestasinya di dunia sepak bola atau tidak?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perlu Anda ketahui bahwa negara yang berumur panjang belum tentu memiliki tim nasional yang bagus. Terbukti, lima negara di bawah ini ada yang kurang sukses di dunia sepak bola. Siapa yang penasaran?

Berikut 5 negara tertua di dunia:

5. Yunani


Dikatakan bahwa Yunani adalah salah satu negara tertua di dunia. Diketahui bahwa peradaban sudah ada di Yunani 270.000 tahun yang lalu. Yunani terkenal dengan filsafat, demokrasi, dan teaternya.

Yunani mempunyai sejarah yang cukup membanggakan dalam hal sepak bola. Timnas Yunani satu kali menjuarai Piala Eropa, tepatnya pada tahun 2004. Namun, prestasi terbaik Yunani di Piala Dunia hanya lolos ke babak 16 besar.

4. Cina

Timnas Tiongkok vs Vietnam

Tiongkok juga merupakan negara tertua di dunia. Diketahui bahwa peradaban di Tiongkok telah berkembang selama lebih dari 5000 tahun. Tiongkok juga terkenal dengan sejarahnya yang sangat kaya dan panjang.

Sedangkan untuk sepak bola, Tiongkok baru dua kali meraih gelar juara, yaitu di Piala Asia Timur (EAFF E-1 Football Championships). Tepatnya, timnas China menjadi juara pada edisi 2005 dan 2010.

Setelah itu, Timnas China sebanyak 12 kali mengikuti Piala Asia dan berhasil menjadi runner-up hanya dalam dua tahun, yakni Piala Asia 1984 dan 2004.

Di Piala Dunia, China hanya tampil satu kali di ajang tersebut, yakni di Piala Dunia 2002. Sayangnya, di laga debutnya di Piala Dunia, China langsung kalah di babak penyisihan grup.

Baca Juga  Figo Dennis mengakui promosi dan degradasi di timnas U-20 Indonesia merupakan sebuah tantangan: Okezone Bola

Ikuti berita Okezone berita Google


3. Afganistan

Tim nasional Afganistan

Sejarah membuktikan Afghanistan memiliki peradaban yang panjang. Para arkeolog bahkan telah menemukan tanda-tanda keberadaan manusia purba di daerah tersebut sejak 50.000 tahun yang lalu.

Sayangnya, sejarah panjang Afghanistan tidak berarti negara tersebut memiliki timnas yang bagus. Hal itu dibuktikan dengan Afghanistan yang belum pernah lolos ke Piala Asia, apalagi Piala Dunia.

Prestasi terbaik timnas Afganistan adalah menjuarai Piala Asia Selatan 2013.

2. India

Timnas India vs Malaysia

India dikenal sebagai negara dengan sejarah yang panjang. Setidaknya peradaban di negeri ini berkembang antara tahun 2600 hingga 1900 SM.

Bicara sepak bola, Timnas Indonesia dua kali meraih medali emas di Asian Games (1951, 1962) dan juga menjadi runner-up Piala Asia 1964.

Sungguh menakjubkan timnas India menjadi tim terbaik di Asia Selatan. Pasalnya, timnas India berkuasa di kejuaraan Piala Asia Selatan dengan total 9 gelar juara.

1. Mesir

Tim nasional Mesir

Mesir sering disebut sebagai negara tertua di dunia. Kerajaan Mesir konon telah bersatu pada tahun 3100 SM pada masa pemerintahan Raja Menes.

Dengan umurnya yang panjang, Mesir menjadi salah satu negara Afrika yang patut dibanggakan atas prestasinya di dunia sepak bola. Tentu saja, Mesir tampil di Piala Dunia sebanyak tiga kali dan bahkan lolos ke babak 16 besar.

Kemudian di Piala Afrika, Timnas Mesir menjadi tim terbaik di kompetisi tersebut dengan 7 gelar juara. Jadi prestasi Mesir di dunia sepak bola cukup bagus.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *