5 Kombinasi Makanan Paling Bermanfaat, Penyerapan Nutrisi Maksimal: Okezone Lifestyle

Uncategorized128 Dilihat

MENGHITUNG Makanan lebih bermanfaat jika kita memakannya bersama-sama dibandingkan jika kita memakannya secara terpisah. Biasanya kombinasi makanan ini dirancang untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi tersebut.

Susan Bowerman, General Manager of Global Nutrition Education and Training Herbalife, memperkenalkan konsep menggabungkan atau menggabungkan makanan dan mempertimbangkan dampaknya terhadap tingkat penyerapan nutrisi tubuh. Berikut lima kombinasi makanan yang paling bermanfaat bagi tubuh jika disantap bersama, dilansir Antara.

Sayuran berwarna-warni dan berlemak

Banyak buah dan sayuran mengandung senyawa yang disebut karotenoid. Merupakan pigmen alami yang memberi warna pada makanan seperti tomat, wortel dan bayam. Secara khusus, pigmen tersebut disebut likopen, beta-karoten dan lutein.

Karotenoid berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini menjadikan buah dan sayuran sebagai bagian penting dari pola makan sehat. Senyawa penting ini larut dalam lemak, jadi mengonsumsi sayuran dengan lebih sedikit lemak memungkinkan tubuh Anda menyerap lebih banyak karotenoid.

Oleh karena itu, menambahkan lemak sehat dari alpukat atau minyak zaitun ke dalam salad Anda akan membantu Anda menyerap karotenoid yang ditemukan dalam selada romaine, wortel, dan tomat.

Vitamin C dari sayuran dan biji besi

Ada dua jenis besi. Salah satunya adalah zat besi “heme” yang terdapat pada ikan dan daging. Heme juga lebih mudah masuk ke dalam tubuh dibandingkan zat besi “non-heme” dan mudah ditemukan pada makanan nabati.

Mengonsumsi vitamin C dan sumber zat besi non-heme dapat membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik. Vitamin C pada jeruk atau tomat meningkatkan penyerapan zat besi tiga kali lipat.

Tomat dari kebun membantu menyerap zat besi dari kacang-kacangan. Telur dapat membantu Anda menyerap zat besi dari makanan. Menambahkan irisan jeruk pada salad bayam akan meningkatkan penyerapan zat besi pada bayam.

Baca Juga  Hasil Liga Futsal Profesional 2023-2024: Sengit, Mongcongbulo FC vs. Cosmo JNE Berakhir 3:3: Okezone Bola

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Lemon dan teh hijau

Nutrisi dan antioksidan kuat dalam teh hijau, sering disebut katekin, dapat membantu melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan oksidatif. Menambahkan lemon ke dalam teh hijau mengandung vitamin C, yang memungkinkan tubuh Anda menyerap senyawa bermanfaat ini. Jika Anda tidak menyukai lemon dalam teh Anda, makanlah buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk atau grapefruits, dengan minuman Anda.

Ikan dan sayuran hijau

Kombinasi ikan dan sayuran dapat membantu tubuh menyerap kalsium dari susu. Ikan berlemak seperti salmon dan mackerel mengandung vitamin D, dan sayuran hijau seperti kangkung, sawi, dan lobak Swiss mengandung kalsium. Kombinasi keduanya akan membantu tubuh Anda menyerap kalsium dari sayuran.

Campuran Sayuran

Makanan nabati, termasuk buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, merupakan sumber antioksidan terbaik. Manfaat antioksidan ini semakin besar bila dikonsumsi dalam bentuk campuran makanan.

Mengonsumsi jeruk, apel, anggur, dan blueberry terbukti memiliki manfaat antioksidan lebih besar dibandingkan mengonsumsi satu buah saja dalam jumlah besar.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *