5 Fakta Vaksinasi Berbayar Terhadap Covid-19: Economics Okezone

Uncategorized116 Dilihat

JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali mengimbau masyarakat untuk melakukan hal tersebut Vaksinasi terhadap Covid-19 sejalan dengan peningkatan kasus belakangan ini.



Namun perlu diperhatikan bahwa biaya vaksinasi Covid-19 akan dikenakan biaya sesuai dengan perubahan status pandemi di Indonesia.

Berdasarkan catatan Okezone, berikut fakta vaksinasi Covid-19 berbayar, Senin (1/1/2023).

1. Pengobatan pasien Covid-19 tidak lagi ditanggung oleh pemerintah

Presiden Jokowi juga mengingatkan masyarakat bahwa pengobatan pasien Covid-19 tidak lagi ditanggung pemerintah atau dipungut biaya jika statusnya berubah dari pandemi menjadi endemi.

“Hati-hati, kalau kena endemi, kalau kena Covid-19 harus bayar. Saat ini masih ditanggung pemerintah, kalau kena endemi jangan bertepuk tangan, harus bayar karena saya Saya sakit Covid-19. Ini konsekuensinya,” kata Jokowi saat menghadiri pawai peringatan dekade pertama relawan Jokowi Presiden (Bara JP) di Kota Bogor, Jawa Barat.

2. Efektif tanggal 1 Januari 2024

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan suntikan vaksinasi Covid-19 berbayar akan berlaku mulai 1 Januari 2024.

Ani mengatakan, vaksin Covid-19 berbayar ini mencakup penyuntikan seluruh dosis vaksin. Meski demikian, ada beberapa kelompok yang tetap mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis, seperti lansia dan kelompok rentan lainnya.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Belum tersedia rincian biaya

Dinkes DKI Jakarta masih menunggu mekanisme dan teknis pelayanan Kementerian Kesehatan RI, sehingga Ani menyebut rincian biaya vaksinasi ini belum diketahui secara detail.

“Belum ada detailnya, mungkin akan dilepas dengan mekanisme pelayanan normal. Seperti sekarang ini ada vaksin program yang tidak berbayar, ada juga vaksin yang bukan vaksin program. Mungkin akan dirilis seperti itu. Tapi kami Kita tunggu saja nanti peraturan Kementerian Kesehatannya seperti apa,” jelas Ani dilansir Antara.

Baca Juga  Setelah Coldplay, Ada 2 Konser Musik Besar di Indonesia: Okezone Celebrity

4. Vaksinasi gratis masih berlaku hingga akhir tahun 2023

Kementerian Kesehatan menyatakan vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta masih gratis sehingga gratis dan tersedia di seluruh puskesmas daerah hingga akhir tahun. Pemerintah sendiri menyediakan 4,1 juta dosis vaksin Covid-19.

“Kami diminta hingga akhir tahun ini (biaya vaksinasi) tetap ditanggung negara,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dilansir Antara.

5. Menghimbau untuk terus memakai masker

Untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 yang tajam, Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk terus memakai masker dan hidup sehat, terutama pada lansia dan kelompok yang belum divaksinasi.

Selain itu, saat berada di keramaian atau keramaian banyak orang yang melakukan kontak erat sehingga disarankan untuk tetap memakai masker.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *