4 Fakta Serangan Udara Israel Tewaskan 7 Pekerja Bantuan di Gaza: Okezone News

Uncategorized88 Dilihat

GAZA – Tujuh orang yang bekerja untuk badan amal bantuan pangan World Central Kitchen (WCK) meninggal pada tahun . Serangan udara Israel di dalam Gaza.

Tiga di antaranya adalah Menteri Luar Negeri Inggris dan David Cameron telah meminta Israel segera menjelaskan bagaimana hal itu terjadi.

BBC Verify telah mempelajari gambar-gambar setelah serangan yang dibagikan di media sosial untuk mencoba mengumpulkan apa yang kita ketahui tentang insiden tersebut.

Berikut faktanya:

1. Konvoi bantuan

Badan amal tersebut mengatakan pekerja bantuan melakukan perjalanan dengan tiga mobil, dua di antaranya berlapis baja.

Pergerakan konvoi tersebut dikabarkan dikoordinasikan dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Konvoi tersebut menurunkan lebih dari 100 ton persediaan makanan di sebuah gudang di Deir al-Balah di Gaza tengah, menurut badan amal tersebut.

Dengan menganalisis gambar tiga kendaraan yang rusak parah, salah satunya memiliki logo WCK di atapnya, BBC Verify mengidentifikasi lokasinya.

Jarak keduanya sekitar 2,5 km (1,5 mil), menunjukkan bahwa terjadi lebih dari satu serangan.

BBC Verify menunjukkan lokasi mereka dengan membandingkan petunjuk visual dalam foto-foto mereka dengan citra satelit di bagian Gaza tersebut.

Dalam salah satu jepretan Toyota Hilux yang rusak berat, serta pepohonan dan pagar di samping kendaraan, terlihat sebatang pohon palem berdiri di dalam pagar dengan pola konstruksi khas di sekelilingnya.

Dengan menggunakan citra satelit, fitur-fitur ini ditugaskan ke bagian jalan Al-Rashid yang membentang di sepanjang pantai di tengah Gaza.

Foto kendaraan kedua yang rusak berat menunjukkan lubang besar bergerigi di atap Toyota Hilux lainnya. Logo WCK juga terlihat.

Di tempat lain, sebuah pilar, bagian dari hutan, tembok rendah dan dua atap berbeda terlihat di latar belakang. BBC Verify telah menempatkan lokasi kejadian sekitar 800m di selatan kendaraan pertama.

Kendaraan rusak ketiga difoto di area terbuka sebelah selatan, sekitar 100 m dari jalan raya.

WCK mengatakan mobil ketiga ini adalah “kendaraan berkulit lembut”, artinya tidak berlapis baja. Letaknya kurang lebih 1,6 km sebelah selatan kendaraan kedua dan 2,5 km dari kendaraan pertama.

Baca Juga  Jadwal imsak dan waktu sholat bulan Desember 2023 Jakarta dan sekitarnya

“Itu adalah serangan langsung. Mereka mencoba menjaga beberapa dari mereka dan memasukkannya ke dalam mobil lain di depan. Namun mereka melepaskan tembakan ke arah mobil tersebut,” kata seorang warga sekitar yang menyaksikan penyerangan tersebut.




Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Senjata apa saja yang bisa digunakan?

BBC Verify menunjukkan rekaman mobil tersebut kepada sejumlah ahli senjata.

Tidak ada pecahan roket atau bom yang ditemukan di lokasi kejadian, namun para ahli sedang mempelajari kerusakan pada kendaraan tersebut.

Chris Cobb-Smith, mantan perwira militer Inggris dan mantan inspektur senjata PBB, mengatakan serangan itu kemungkinan besar disebabkan oleh rudal Spike yang ditembakkan dari pesawat tak berawak.

Rudal spike adalah jenis senjata yang kuat, biasanya ditembakkan terhadap tank dan kendaraan lapis baja lainnya.

Justin Crump, mantan perwira Angkatan Darat Inggris yang menjalankan Sibylline, sebuah perusahaan intelijen risiko, mengatakan hal yang sama. Dia mengatakan serangan itu kemungkinan besar diluncurkan dan ditargetkan oleh pesawat tak berawak.

Ia menambahkan, kemungkinan besar serangan itu disebabkan oleh roket, bukan bom atau mortir.

3. Korban

Gambar jenazah pekerja bantuan pertama kali diposting di media sosial sebelum pukul 22.30 BST pada tanggal 1 April.

Video grafis tersebut memperlihatkan jenazah lima orang. Dua mayat lagi kemudian ditemukan di Deir al-Balah, kata Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina kepada X.

Logo WCK terlihat di pelindung tubuh setidaknya tiga orang yang tewas.

Rekan WCK juga terlihat dalam video mengidentifikasi jenazah.

“Mereka adalah orang-orang yang membawa bantuan dari laut,” kata seorang warga sambil menangis ketika mengenali pekerja bantuan Palestina yang terbunuh.

Gambar tiga paspor asing, yakni Australia, Polandia, dan Inggris, juga dibagikan di media sosial.

Baca Juga  Polisi menangkap enam remaja di Karawang yang ingin berkelahi sambil membawa Sajam: Okezone News

BBC Verify berhasil menghubungkan wajah pekerja Australia Zomi Frankcom dengan video yang dibagikan akun resmi WCK di X pada 25 Maret.

Dalam video tersebut, Frankcom berbicara dengan koki tentang makanan yang disiapkan di dapur komunitas WCK di Deir al-Balah, salah satu dari 67 dapur amal yang beroperasi di Gaza.

Pekerja bantuan Polandia Damain Rafal Sobol muncul dalam dua video yang direkam di Gaza dan diterbitkan oleh akun X WCK pada tanggal 29 Februari dan 2 Maret. Dalam salah satu video, Sobol mendemonstrasikan tempat penyimpanan berpendingin yang dibangun di dapur WCK di Rafah.

Pekerja bantuan Palestina Saif Issam Abu-Taha dan Sobol muncul di foto yang diposting Sobol di Instagram sembilan minggu lalu mengenakan jaket berlogo WCK.

4. Bantuan dengan rutenya

WCK mengatakan pasokan makanan dibawa ke Gaza melalui laut.

Bantuan didistribusikan melalui laut menggunakan dermaga yang baru-baru ini dibangun oleh WCK di sebelah barat Kota Gaza. Pengiriman pertama melalui rute tersebut dilakukan pada 15 Maret.

WCK juga memiliki “pusat penyambutan” di sepanjang jalan pesisir bagi para pengungsi yang melarikan diri ke utara.

Tidak jelas di mana tepatnya lokasi gudang Deir al-Balah, tetapi WCK baru-baru ini membuka dapur lapangan baru di sebelah timur Deir al-Balah, di Jalan Salah al-Din.

Video yang dibagikan di akun X mereka pekan lalu memperlihatkan area gudang dengan forklift serta makanan di atas palet. Lokasi ini berjarak kurang lebih 5 km dari tempat pertama kali mobil menabrak jalan pantai.

BBC Verify bertanya kepada badan amal bantuan makanan tersebut mengenai lokasi gudang dan rincian koordinat yang mereka berikan kepada pasukan Israel, namun mereka tidak memberikan rincian apa pun.

Militer Israel mengatakan pihaknya telah menyelidiki insiden tersebut pada tingkat tertinggi untuk memahami keadaan dan bagaimana hal itu terjadi.

“Kami akan memulai penyelidikan atas insiden serius ini,” tambahnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *