OJK Jadi Pengawas Kripto, Pasukan Bappebti Pindah Kantor?

Berita, Teknologi151 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hasan Fawzi mengatakan bahwa proses peralihan pengawasan bursa kripto dari OJK ke Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) akan berdampak kepada tenaga kerjanya.

Hasan menjelaskan pemindahan tenaga kerja dan ahli di Bappebti ke OJK merupakan salah satu dari sekian banyak wacananya. Akan tetapi pihaknya tentu akan meninjau kebutuhan di OJK terlebih dahulu.

“Itu sebuah keniscayaan, tapi tidak otomatis, karena Bappebti sendiri kan kita asumsikan atau kita bayangkan masih memiliki tugas lainnya,” ujar Hasan ketika ditemui usai acara Perayaan 46 Tahun Dibuka Kembalinya Pasar Modal Indonesia, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis, (10/8/2023).

Hasan pun mengambil contoh peralihan Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) dan Direktorat Jenderal Lembaga Keuangan yang kemudian melebur menjadi OJK. Sejak berlakunya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2011, diketahui seluruh SDM institusi tersebut diboyong untuk masuk ke OJK.

Namun, bila melihat kondisi yang kini dialami, Bappebti dinilai masih memiliki fungsi sebagai pengawas perdagangan komoditas lain selain kripto, maka tidak mungkin keseluruhan tenaga kerja akan diboyong.

“Jadi tidak seperti dulu Bapepam ke OJK kan, di mana seluruh SDM-nya pun akan beralih, karena memang Bapepam tidak lagi melanjutkan fungsinya,” kata dia.

Hasan pun menerangkan bahwa peraturan terkait SDM di masa transisi tersebut akan dituangkan ke peraturan turunannya. Ditambah, OJK memiliki mekanismenya sendiri untuk melaksanakan recruitment.

Ditemui sebelumnya, Hasan mengatakan nantinya akan ada rumusan di tingkat pelaksanaan dalam bentuk peraturan pemerintah. Bos OJK yang dulu sempat mengemban tugas sebagai direktur Bursa Efek Indonesia pun menjabarkan kisi-kisi atas aturan tersebut.

Baca Juga  Khawatir Suku Bunga AS Naik Lagi, Wall Street Ditutup Ambles

“Salah satunya mengatur mekanisme peralihan kewenangan institusi,” jelasnya kepada watawan usai pelantikan di Gedung Mahkamah Agung (MA), Jakarta Pusat.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Sah! RI Resmi Punya Bursa Kripto

(mkh/mkh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *