Mau Lihat Langsung Bentuk Emas Cadangan BI, Datang ke Sini!

Berita, Teknologi278 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia (BI) menggelar acara Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) di Istora Senayan pada 18-20 Agustus 2023. Banyak booth pameran yang disediakan oleh BI salah satunya adalah Replika Emas Moneter dari Museum Bank Indonesia.

Analis Museum BI, Arum Bunga Difitri mengatakan replika emas ini menjadi salah satu media interaktif bagi para pengunjung untuk mengenal sejarah BI. “Ini salah satu yang ikonik dari museum BI,” kata dia di lokasi acara.

Dari pengamatan CNBC Indonesia di lokasi, replika emas itu berada di dekat pintu masuk acara di Istora Senayan. Emas seberat 13,5 kilogram itu ditaruh di dalam lemari kaca berukuran 100x50x50 cm.

Di salah satu sisinya terdapat dua lubang untuk memasukkan tangan. Lubang itu sengaja disediakan untuk tantangan bagi para pengunjung. Pengunjung yang bisa mengangkat replika itu selama beberapa menit akan mendapatkan hadiah dari Museum BI.

“Ini memang salah satu media interaktif yang selalu kami bawa setiap ada acara,” tutur Bunga. Bunga mengatakan bagi masyarakat yang ingin melihat batangan emas replika seperti ini namun dalam jumlah lebih banyak, dapat mengunjungi museum BI.




Foto: Replika emas moneter (CNBC Indonesia/Rosseno Aji Nugroho)
Replika emas moneter (CNBC Indonesia/Rosseno Aji Nugroho)

Merujuk pada penjelasan BI, emas moneter merupakan cadangan devisa yang disimpan oleh BI. Emas digunakan sebagai standar satuan karena nilainya yang tinggi. Logam ini disukai karena sifatnya yang stabil, dan tak lekang dimakan jaman.




Replika emas moneter (CNBC Indonesia/Rosseno Aji Nugroho)Foto: Replika emas moneter (CNBC Indonesia/Rosseno Aji Nugroho)
Replika emas moneter (CNBC Indonesia/Rosseno Aji Nugroho)

Meski tak lagi digunakan sebagai jaminan bank, emas tetap menjadi komponen cadangan devisa. Cadangan emas moneter berfungsi sebagai cadangan yang bisa dicairkan apabila terjadi krisis moneter, politik dan ekonomi. Cadangan emas juga bisa dipakai untuk jaminan pinjaman internasional.

Emas juga bisa dipakai sebagai hedging apabila terjadi penurunan nilai tukar USD atau dalam rangka meningkatkan penerimaan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Wow! Asing Serbu RI Saat Amerika Ribut Soal Utang

(mij/mij)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Selamatkan Waskita, Suntikan Modal ke HK Bakal Diperbesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *