Kinerja Pemerintah Perlu Dikawal Masyarakat

Berita, Teknologi233 Dilihat

Jakarta: Managing Director of Paramadina Public Policy Institute Ahmad Khoirul Umam menekankan pentingnya publik mengawal kinerja pemerintah. Pengawasan masyarakat penting agar tidak muncul kebijakan yang meresahkan.
 

“Kalau kalangan masyarakat tidak ngeh, tidak aware, cuek, ini kemudian bisa menjebak,” kata Ahmad, dalam diskusi di Universitas Paramadina, Jakarta Selatan, dikutip Selasa, 15 Agustus 2023.

Ahmad menggunakan perumpamaan katak di sebuah panci. Katak yang ditaruh di panci dengan air hangat akan menikmati dan merasa nyaman hingga terlentang. “Tapi ketika (panci) di atas kompor, katak tidak punya sensitivitas mendeteksi perubahan suhu air sampai akhirnya mati mendidih karena air panas,” ujar dia.

Jangan terlena dengan zona nyaman

Ahmad mengajak masyarakat jangan terlena dengan zona nyaman. Situasi itu berpotensi membuat kewaspadaan lengah dan bisa disalahgunakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
 

“Bisa jadi kita merasa tidak terjadi apa-apa, tapi struktur kekuasaan berjalan, kekuatan politik berjalan, lalu menjebak pada situasi yang tidak bisa dideteksi dan sangat jauh dari pilar demokrasi,” ucap dia.

Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(ABD)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Apa Itu Nasionalisme? Pengertian, Penyebab, hingga Pengaruhnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *