Jreng! 4 Dapen Bermasalah Bakal Diperiksa Makhamah Agung

Berita, Teknologi364 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan segera mengumumkan dana pensiun (dapen) pelat merah yang bermasalah pada September 2023 mendatang. Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, saat ini dana pensiun sudah dipetakan dan sudah selesai diaudit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Selanjutnya, dapen bermasalah tersebut akan diteruskan ke Mahkamah Agung (MA) untuk ditelusuri dapen mana yang melakukan tindak pidana korupsi dan mana yang ada kesalahan manajemen.

“Memang tadinya kami mau melaporkan hasilnya pada akhir Juli. Tapi setelah berkomunikasi dengan BPKP, pihaknya bilang September,” kata Erick di Ritz Carlton, Senin (14/8).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, meskipun hasil investigasi akan diserahkan ke MA, namun sayangnya Tiko belum bisa menyebutkan perusahaan mana yang diduga melakukan korupsi.

Tiko hanya menegaskan, ada empat dapen akan lanjut diperiksa oleh MA. “Itu kan asas praduga tak bersalah,” sebutnya.

Sebelumya, Tiko menyebut dapen BUMN yang imbal hasil (yield)-nya hanya 2% akan diinvestigasi secara ketat. Sebab, sangat tidak masuk akal jika dapen memiliki instrumen investasi yang ditempatkan di SBN 6%, tapi hasil investasinya hanya 2%. Ia mengindikasikan adanya korupsi di empat dapen yang hasil investasinya sangat rendah.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Korupsi Dapen Gerogoti Hak Pegawai, Erick Siap Benahi

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Arsenal Sindir Chelsea Usai Dipermalukan West Ham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *