Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Mozambik, Mulai Sektor Energi hingga Kesehatan

Berita, Teknologi248 Dilihat

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan beberapa kerja sama di bidang ekonomi hingga pembangunan dengan pemerintah Mozambik. Salah satunya rencana investasi pengelolaan minyak dan gas oleh Indonesia di Mozambik.
 
“Saya menyambut baik rencana investasi untuk pengelolaan gas end-to-end oleh BUMN Indonesia dan perluasan investasi di sektor pembangkit listrik,” ujar Presiden dalam keterangan yang diunggah Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu, 23 Agustus 2023.
 
Jokowi juga menyambut baik investasi dari produksi dan penjualan gas oleh perusahaan Indonesia di Mozambik. Serta produksi dan penjualan distribusi gas oleh perusahaan swasta Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Jokowi mendorong terbentuknya Bilateral Investment Treaty (BIT) antarkedua negara. Ia akan menginstruksikan menteri terkait untuk segera menyelesaikannya.
 
Kepala Negara menyebut bahwa Indonesia dan Mozambik telah sepakat untuk memperkuat kerja sama ketahanan kesehatan Mozambik. Hal itu melalui pengadaan vaksin, obat-obatan, dan alat kesehatan.
 
“Dan (saya) meminta dukungan Presiden Nyusi untuk proses registrasi vaksin Indonesia,” ungkapnya.
 

Presiden Jokowi menegaskan Indonesia terus berkomitmen memperkuat kerja sama pembangunan dengan Afrika. Saat ini, pemerintah tengah merampungkan rencana besar pembangunan lima tahun ke depan untuk Afrika.
 
“Indonesia sedang merampungkan grand design pembangunan untuk lima tahun ke depan untuk Afrika di sektor kesehatan, pangan, dan energi, dan sektor yang lain yang menjadi kepentingan Mozambik,” ucap Jokowi.
 
Dalam pertemuan tersebut kedua negara menandatangani sejumlah dokumen kerja sama yakni Nota Kesepahaman dalam Kontrol Obat-obatan dan Produk Biologis, serta Surat Minat Kerja Sama Bilateral Bidang Pertahanan.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(AGA)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Pelindo Lanjutkan Kinerja Positif di Semester I-2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *