Harimau Sumatra Masuk ke Permukiman Penduduk di Aceh Timur

Berita, Teknologi159 Dilihat

Aceh Timur: Seekor harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) dilaporkan memangsa ternak warga di Gampong Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur.
 
Zakaria, pemilik ternak, mengatakan ternaknya yang dimangsa harimau tersebut seekor anak sapi. Bangkai ternaknya tersebut ditemukan dengan kondisi di leher dan punggung berlumuran darah.
 
“Dari jejaknya, anak sapi tersebut dimangsa harimau. Kejadian ini sudah kami laporkan kepada aparat desa dan kecamatan. Kami berharap ada penanganan segera,” katanya di Aceh Timur, Minggu, 13 Agustus 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain di kebun, harimau tersebut dilaporkan memasuki permukiman penduduk. Itu terlihat dari jejak kaki satwa dilindungi tersebut di beberapa titik di permukiman penduduk.
 
“Kami khawatir dengan keselamatan anak-anak yang bermain di luar rumah jika harimau tersebut memasuki permukiman penduduk,” kata Zakaria menyebutkan.
 

Zakaria mengatakan masyarakat meminta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menurunkan tim mengusir satwa dilindungi tersebut. Sebab, keberadaannya sudah terpantau sejak awal tahun.
 
“Berbulan-bulan harimau tersebut berkeliaran di sekitar sini. Ada warga yang memergokinya saat di kebun. Sebagian warga was was dan mengurangi aktivitas di ladang,” katanya.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Aceh Timur Teuku Muhammad Yunus mengimbau masyarakat menghindari interaksi negatif dengan satwa dilindungi tersebut.
 
“Jika mendapati jejak kaki satwa dilindungi di jalan atau pemukiman penduduk, maka segera laporkan pihak terkait agar gangguan harimau segera ditangani,” katanya.
 
Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat tidak melepasliarkan ternaknya ke kawasan perkebunan maupun hutan. Ternak sebaiknya dikandangkan guna mencegah gangguan harimau
 
“Untuk menjaga keselamatan, diharapkan warga yang menetap berdekatan dengan kawasan hutan agar menghindari aktivitas malam hari,” kata Teuku Muhammad Yunus.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(WHS)

Quoted From Many Source

Baca Juga  KPK Limpahkan Dakwaan Eks Anggota DPRD Jambi Terkait Kasus Suap Ketok Palu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *