Berputar Tak Terkendali, Pesawat Antariksa Luna-25 Rusia Jatuh di Bulan

Berita, Teknologi143 Dilihat

Moskow: Misi Bulan Rusia mengalami kegagalan. Setelah berputar ke orbit secara tak terkendali, pesawat antariksa Luna-25 milik Rusia telah jatuh menghantam permukaan bulan, kata perusahaan luar angkasa Rusia, Roskosmos State Space Corporation.
 
Sebelumnya, Roskosmos mengatakan bahwa “situasi abnormal” telah terjadi ketika kontrol misi mencoba memindahkan pesawat itu ke orbit pra-pendaratan pada pukul 11:10 GMT pada hari Sabtu, menjelang pendaratan yang direncanakan pada Senin mendatang.
 
Dikutip dari Guardian, Minggu, 20 Agustus 2023, kegagalan misi bulan pertama Rusia dalam 47 tahun terakhir ini menggarisbawahi penurunan kekuatan ruang angkasa Rusia sejak hari-hari kejayaan kompetisi Perang Dingin, ketika Moskow adalah yang pertama meluncurkan satelit untuk mengorbit Bumi– Sputnik 1, pada tahun 1957.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kosmonot Uni Soviet Yuri Gagarin juga menjadi orang pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa di tahun 1961.
 
Sejak misi Luna-24 di tahun 1976, Rusia belum pernah mencoba misi ke bulan lagi. Ketika itum misi Bulan diperintahkan ketika Leonid Brezhnev masih berkuasa di Kremlin. Luna-25 seharusnya melakukan pendaratan lunak di kutub selatan bulan pada 21 Agustus, menurut pejabat antariksa Rusia.
 
Pemerintah Rusia telah berlomba melawan India, yang pesawat antariksa Chandrayaan-3-nya juga dijadwalkan mendarat di kutub selatan Bulan pekan ini. Rusia juga berkompeteisi melawan Tiongkok dan Amerika Serikat yang keduanya memiliki ambisi Bulan.
 
Kegagalan tersebut juga menggarisbawahi tekanan pada ekonomi Rusia senilai USD2 triliun – dan khususnya sektor teknologi tinggi – karena bergulat dengan sanksi Barat yang ditujukan untuk menghukum Rusia atas perang di Ukraina.
 
Baca juga:  Rusia Kembali Luncurkan Misi Bulan Setelah Hampir 50 Tahun
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(WIL)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Melihat Dampak Viralnya Link Twitter Rocky Gerung di Dunia Maya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *